Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencicipi Kue Kipo Khas Yogyakarta

Mencicipi Kue Kipo, Jajanan Khas Kota Gede Yogyakarta

Mencicipi Kue Kipo, Jajanan Khas Kota Gede Yogyakarta - Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum mengenal kue Kipo (Jawa: kipa). Kue Kipo merupakan satu jajanan khas dari daerah Kota Gede, Yogyakarta. Kue Kipo merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang banyak disenangi warga Yogyakarta. Kue Kipo merupakan sejenis kudapan kecil atau jajanan kecil berwarna hijau yang tergolong kue basah. 

Mencicipi Kue Kipo Khas Yogyakarta
Kue Kipo Khas Yogyakarta

Asal nama kue kipo

Jika Anda menanyakan bagaimana asal mula penamaan Kipo pada kuliner Indonesia ini, begini sejarahnya. Dulu, orang Jawa senang menanyakan sesuatu dengan ungkapan tanya, “Ki opo?” atau “Ki po?”. Pertanyaan tersebut sering dilontarkan ketika orang mencicipi kue hijau kerdil yang dipanggang ini. Dari situ, munculah nama Kue Kipo yang digunakan hingga sekarang untuk menyebut kue ini. 

Ukuran Kue Kipo sangat kecil. Sekali makan saja mungkin Anda tidak akan pernah cukup. Karenanya, banyak orang yang ketagihan dengan kue ini.

Mencicipi Kue Kipo Khas Yogyakarta
Penjual Kue Kipo

Mencicipi Kue Kipo Khas Yogyakarta
Kue Kipo

Kue kipo berbentuk lonjong dengan warna hijau dan permukaan yang coklat karena bekas terpanggang. Adonan kulit Kipo terbuat dari tepung ketan yang dibuat lembek dan kenyal. Di dalam kue, terdapat isi yang terbuat dari paduan parutan kelapa dan juga gula jawa yang manis. Paduan ini memberikan rasa yang manis, kenyal, dan guri. Apa lagi setelah dibakar dalam tungku api yang membara seolah memberikan sajian khas kuliner Indonesia yang sulit untuk dilupakan. 

Cara memasak kue kipo

Cara memasak kue ini adalah dengan cara dipanggang. Karenanya, tak heran jika terlihat bekas panggangan di atas kue. Kue Kipo merupakan paduan dari kelapa parut dan gula merah yang dibalut dengan kulit dari tepung ketan. Kue Kipo  terasa sangat lezat dan banyak disukai orang sebagai kudapan untuk mengganjal perut. Di daerah lain, Anda mungkin jarang menemui Kue Kipo karena kue tradisional ini hanya bisa ditemui di Kota Gede Yogyakarta.

Cara penyajian kue kipo

Kue Kipo disajikan di atas daun pisang yang dipotong persegi. Setiap lembaran daun pisang biasanya diisi dengan enam hingga delapan Kue Kipo. Kue Kipo disusun memanjang dan berjajar rapi. Aroma Kue Kipo sangat harum dan khas. Aroma ini berasal dari daun suji yang digunakan sebagai pewarna alami untuk warna hijau pada Kue Kipo.


Posting Komentar untuk "Mencicipi Kue Kipo Khas Yogyakarta"